google files

5 Fungsi Google Files Untuk Anda Coba Sekarang

Google Files (Android) adalah pengelola file seluler. Melalui aplikasi, dimungkinkan untuk dengan cepat mengosongkan ruang di perangkat dan mengakses konten semua folder yang disimpan.

Selain mengakses file, Google Files memiliki sejumlah fungsi menarik untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Belum coba aplikasi ini? Lihat, ini 5 fungsi yang patut Anda perhatikan!

1. Saran yang dipersonalisasi

Salah satu masalah dengan mengosongkan ruang adalah mencari apa yang bisa dihapus tanpa menimbulkan masalah besar bagi pengguna. Untuk situasi ini, Files menawarkan saran otomatis, mempercepat proses pembersihan.

Di tab “Kosongkan memori”, Anda dapat melihat pintasan untuk menghapus file sementara, meme, foto berulang, dan file besar dalam beberapa langkah. Pada setiap pembersihan, aplikasi menampilkan jumlah ruang yang dibebaskan di menu samping.

2. Transfer file dengan perkiraan

Menemukan file yang menarik dan ingin membaginya dengan seseorang? Hal ini dimungkinkan untuk melakukan ini tanpa koneksi internet, menggunakan berbagi peer-to-peer (P2P).

Melalui tab “Bagikan”, dimungkinkan untuk mentransfer hingga 500 file dengan perkiraan ke perangkat lain. Pengoperasiannya mirip dengan AirDrop, hadir di perangkat Apple.

3. Folder aman

File memungkinkan Anda membuat folder aman di perangkat Anda sebagai cara untuk melindungi file. Saat membuat folder, pengguna perlu menentukan kode akses, baik numerik atau default.

Semua isi folder aman tetap tersembunyi dari pencarian seluler. Untuk mengaksesnya, Anda perlu memasukkan kode yang dikonfigurasi.

4. Pemutar media

Tidak dapat mengenali file audio atau video berdasarkan nama? Tidak masalah: cukup memperbanyaknya di Google Files untuk mengidentifikasi setiap konten.

Pemutar media masih penuh dengan fitur yang berbeda, seperti kemampuan untuk menggesek layar untuk mengontrol volume, maju cepat atau mundur dalam sepuluh detik dan mengatur kecepatan pemutaran audio.

5. Buka zip file ZIP

Tidak perlu membuka file ZIP di komputer Anda untuk mengekstraknya. Di Android, Files sendiri mampu melakukan layanan ini.

Cukup temukan file dengan format ini di folder ponsel Anda dan ketuk untuk membukanya. Sebelum membuka ritsleting, aplikasi menampilkan pesan konfirmasi, yang menunjukkan jenis konten yang disertakan.

Cara Mengosongkan “Recycle Bin” Google Files di Ponsel

Google Files (Android) adalah pengelola file yang biasanya sudah diinstal sebelumnya di perangkat Android. Sebelumnya, saat menghapus file melalui platform, itu dihapus secara permanen dari perangkat; sekarang dipindahkan langsung ke tempat sampah—berfungsi mirip dengan PC.

Juga, setiap file yang ada akan dihapus secara otomatis setelah 30 hari. Jadi, jika Anda tidak sengaja menghapus file atau ingin mengosongkan memori ponsel, ketahuilah bahwa menggunakan tempat sampah Google File sangat cepat dan nyaman. Simak langkah demi langkahnya di bawah ini!

Cara menggunakan Tempat Sampah Google Files

Langkah 1: Untuk mengakses tempat sampah Google Files, buka aplikasi dan ketuk ikon “Tiga garis” di sudut kiri atas.

Langkah 2: Dari menu sisi terbuka, pilih “Recycle Bin”.

Langkah 3: Kemudian Anda akan dapat melihat semua file yang dihapus. Anda juga dapat mengubah cara menonton dengan mengetuk ikon “Kisi” di sudut kanan atas.

Langkah 4: Pilih satu atau lebih file untuk menghapusnya secara permanen dari telepon atau memulihkannya.

Langkah 5: Jika Anda telah memilih opsi “Hapus”, klik “Hapus” di pop-up yang terbuka berikutnya.

Langkah 6: Jika Anda memilih untuk memulihkannya, klik “Pulihkan file X”.

Siap! Sekarang Anda dapat menggunakan tempat sampah Google Files.