Aplikasi Jualan Foto Dapat Uang

Rekomendasi Aplikasi Jualan Foto Dapat Uang

Semakin maraknya aplikasi yang bisa dijadikan ladang penghasil uang, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk semakin meningkatkan taraf hidupnya.

Berbagai hal bisa dilakukan untuk mendapatkan penghasilan dengan menggunakan suatu aplikasi. Seperti menulis, membaca, menonton video, berjualan, dan lain-lain. Aplikasi yang bermunculan pun kian banyak dan beragam.

Salah satunya untuk kamu penyuka fotografi, terdapat banyak aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk kamu menghasilkan uang dari hasil foto kamu.

Terdapat cukup banyak aplikasi jualan foto secara online. Kamu hanya mengikuti petunjuk dan persyaratannya, kemudian mengunggah foto hasil jepretan kamu, maka kamu tinggal menunggu pembeli fotomu. 

Foto yang bisa dijual bukan hanya foto yang dihasilkan oleh fotografer profesional, melainkan fotografer amatir pun bisa melakukannya. Tidak juga harus memiliki peralatan kamera yang canggih, hasil foto dari smartphone pun bisa. Kesempatan bagi kamu untuk mendapatkan pundi-pundi penghasilan sama besarnya dengan fotografer profesional.

Di bawah ini beberapa rekomendasi aplikasi jualan foto dapat uang yang bisa kamu pertimbangkan.

1. Shutterstock Contributor

Aplikasi pertama ada aplikasi Shutterstock Contributor. Ini aplikasi yang sudah cukup lama populer sebagai tempat penjualan foto/gambar.

Terdapat juga dalam versi websitenya. Sehingga bagi yang ingin menjual foto di aplikasi ini, bisa memilih untuk upload foto via hp atau komputer.

Gambar yang bisa dijual di aplikasi Shutterstock bisa berupa foto, vektor, maupun lukisan. Jadi aplikasi ini selain bisa jadi pilihan fotografer, juga bisa bagi para ilustrator serta pelukis atau digital painting.

Tetapi untuk menjual foto di Shutterstock ada kriteria yang harus dipenuhi. Jadi tidak sembarangan foto yang bisa dijual di aplikasi ini.

Meski begitu, untuk foto yang ditolak akan mendapatkan penjelasan yang cukup rinci, sehingga kita akan tahu kekurangannya. Nantinya bisa kita perbaiki hasil foto kita agar sesuai dengan yang dapat diterima aplikasi.

👉 Trending:  4 Aplikasi Game Penghasil Uang yang Mesti Dicoba

2. Foap – sell your photos

Aplikasi jual foto berikutnya ada Foap. Aplikasi ini juga tidak asing lagi bagi para fotografer yang biasa menjual karyanya.

Di aplikasi Foap, foto yang bisa dijual bisa hasil dari kamera DSLR maupun hasil kamera smartphone. Jadi tidak perlu khawatir bagi fotografer yang tidak punya kamera profesional. Karena tetap bisa menjual karya foto di aplikasi ini.

Foto yang dijual di Foap dipasarkan secara global ke perusahan-perusahaan besar untuk digunakan sebagai bahan marketing. Baik untuk konten marketing di media sosial maupun pada website. Minimal foto yang diunggah di Foap memiliki resolusi 1280 x 960 piksel.

Menjual foto di Foap tidak terlalu rumit, prosesnya juga cukup cepat. Tetapi aplikasi ini menerapkan sistem bagi hasil 50:50 untuk penjualan setiap fotonya. Memang lumayan besar potongannya, tapi juga tidak sia-sia karena aplikasi juga memasarkan foto dengan maksimal.

3. Etsy – Buy & Sell Unique Items

Etsy adalah aplikasi marketplace yang mungkin lebih dikenal sebagai tempat yang memasarkan barang-barang handmade. Namun sebenarnya dapat pula dijadikan untuk menjual karya-karya atau kreasi non fisik juga, misalnya gambar digital.

Etsy memang tidak dikhususkan untuk menjual foto, namun sebagai marketplace besar layak juga untuk dicoba menjual foto di platform ini. Agar hasilnya bisa maksimal, pastikan baca panduan berbagai tips branding, penetapan harga, serta pemasarannya yang sudah disediakan gratis oleh pihak Etsy sendiri.

4. Dreamstime: Sell Your Photos

Aplikasi jualan foto secara online berikutnya adalah Dreamstume: Sell Your Photos. Sama dengan aplikasi lain, di dreamstime dapat dijadikan tempat untuk menjual berbagai jenis karya, seperti foto, ilustrasi, vektor, video, juga audio.

Di Dreamstime tersedia beberapa range yang bisa dipilih. Peraturan yang harus ditaati tentu ada di setiap aplikasi. Di antara peraturannya tidak boleh mengunggah foto hasil plagiat, tdak boleh konten yang berbahaya, serta harus memberikan deskripsi foto yang relevan.

👉 Trending:  3 Rekomendasi Aplikasi Timbangan Emas

5. iStock by Getty Image

Getty Image memiliki 2 aplikasi jualan foto yaitu Contributor By Getty Image itu sendiri dan iStock. Foto yang diunggah ke aplikasi dari Getty Image akan dipilih oleh editor. Nanti foto akan dimasukkan ke Getty Image atau iStock dipilih berdasarkan pada kualitas dan potensi penjualannya.

Hak eksklusif dari foto-foto yang dikirim menjadi milik Getty Image. Tetapi pemilik atau fotografernya tetap menjadi pemegang hak cipta. Hanya saja fotografernya tidak memiliki lisensi foto tersebut, dan tidak bisa mengunggah atau menjualnya kembali di marketplace lain.

Sementara untuk foto yang diunggah di iStock, tetap menjadi hak eksklusif atau lisensi sang fotografer. Sehingga tetap bebas jika mau disebarkan di mana pun. 

6. OpenSea: NFT marketplace

NFT saat ini sedang marak dan memberikan potensi untuk menghasilkan uang bagi banyak orang. Berbagai jenis karya bisa dijadikan dan dijual sebagai aset NFT. Mulai dari musik, lukisan, foto, dan sebagainya. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh fotografer untuk menjual fotonya di marketplace NFT.

Salah satu marketplace NFT yang bisa dipilih adalah OpenSea. Sebagai marketplace NFT terbesar saat ini, OpenSea menjadi pilihan yang tepat.

Telah banyak orang yang mendapatkan cuan banyak dengan menjual NFT di OpenSea. Salah satunya orang Indonesia yang telah menjadi miliarder baru berkat NFT, yaitu Ghozali Everyday yang setiap hari upload foto selfienya.

Nah, OpenSea ini marketplace yang tepat buat kamu yang ingin menjadikan foto hasil karyamu menjadi aset NFT. 

Setelah mengetahui beberapa aplikasi jualan foto di atas, apakah kamu tertarik untuk mendapatkan penghasilan dari jualan foto secara online. Jika kamu tertarik, langsung saja instal aplikasinya dan daftar untuk menjadi kontributor. Ayo raih cuanmu dari hobi fotografi yang kamu jalani!